Bersiap untuk Adaptasi Tatanan Kehidupan Baru usai PSBB Berakhir

Ilustrasi new normal atau tatanan baru. Foto: freepik.com

InfoBogorTimur.COM, Masa Pandemi akibat Covid-19 memang belum berakhir. Akan tetapi, kondisi kasus pasien positif semakin menurun dan roda kehidupan harus tetap berputar. Salah satunya perekonomian bangsa yang harus tetap berjalan seriring penyelesaian masa PSBB nanti.

Psikolog sosial asal Solo, Hening Widyastuti, mengatakan bahwa persiapan mental penting dilakukan untuk memasuki new normal. Hal ini agar dapat mencegah diri dari stress karena beradaptasi dengan gaya hidup baru.

Persiapan mental yang paling pertama untuk dilakukan yakni menerima realita bahwa perubahan sedang terjadi dan responsnya adalah dengan mengikutinya.

Selain itu, dapat dilakukan juga dengan mencari informasi yang tepat mengenai perkembangan Covid-19, pastikan itu bukan hoaks. Lantaran hoaks malah akan menggangu psikologis hingga menyebabkan stres.

“Hoaks itu nanti malah bikin rancu, kemudian membuat cemas, khawatir, lalu tumbuhlah stres dan depresi sendiri,” katanya.

Hening bilang, persiapan mental juga dapat dilakukan lewat interaksi dengan teman atau keluarga untuk saling menguatkan secara psikologis. Sehingga dapat menghadapi new normal dengan positif.

“Terus berkomunikasi denga rekan, yang postif, itu berpengaruh pada diri kita, ketika teman kita support, membangun psikologis, akan semangat,” ujar dia.

Di sisi lain, new normal juga akan mengarah ke gaya hidup yang lebih digitalisasi. Oleh sebab itu, perlu untuk setiap orang melihat peluang ke depan untuk bisa bertahan di era kenormalan baru.

“Kemampuan apa yang bisa digali, menyiapkannya harus mulai dari saat ini. Jadi secara psikologisnya harus menguatkan, emosi hati dan pikiran itu harus di sinkron kalau situasi memang berubah,” kata Hening.

Di sisi lain, tentu adaptasi kehidupan baru tak bisa lepas dari persiapan fisik. Seperti ketika bekerja atau beraktivitas di luar rumah, kita tetap memerhatikan protokol kesehatan. Hal yang utama adalah tetap menggunakan masker sesuai kebutuhan dan ranah pekerjaan, selalu mencuci tangan di air mengalir menggunakan sabun, siaga tisu basah, handrub/handsanitizer. Selanjutnya pastikan kondisi benar-benar sehat, karena kondisi badan yang sehat akan sangat berdampak bagi orang-orang sekitar, dan kinerja tentunya.

sumber: kompas.com dengan perubahan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Ilustrasi Vaksin Corona. Foto: tempo.co

Belum Maksimal Vaksin Corona Sudah Banjir Pesanan

InfoBogorTimur.COM, Skenario berakhirnya pandemi corona di seluruh dunia mengharapkan penemuan obat, vaksin dan herd immunity ...