Bijak Memposting dan Berkomentar Di Media Sosial

Salam sahabat sekalian….

Ustadz Wira Saputra Pengajar Tahfidz Qurán. Foto: Dokumen Pribadi

InfoBogorTimur.COM, Di zaman teknologi yang berkembang dengan pesat  seperti sekarang ini, kehidupan kita tak bisa lepas dengan yang namanya medis sosial. Media sosial menjadi kebutuhan yang seseorang tak bisa lepas darinya, bahkan sebagian orang menjadikannya kebutuhan pokok harian yang harus dipenuhi dalam kehidupannya sehari-hari. Pemanfaatannnya pun berbeda-beda, ada yang memanfaatkannya dalam hal positif dan banyak pula yang tenggelam terbawa arus kedalam hal-hal yan negatif. Sebagian menjadikannya sebuah fashion, tempat curhat, tempat berkreasi, belajar, dan tempat medulang rezeki.

Kemudahan yang Alloh berikan kepada kita sebagai manusia akhir zaman, tentunya merupakan sebuah anugerah dan terkadang menjadi sebuah cobaan serta ujian dalam kehidupan kita di dunia ini. Anugerah, tatkala kita memanfaatkannya dalam kebaikan dan kemanfaatan yang positif. Dan merupakan ujian dan cobaan, tatkala media sosial ini menjadikan kita tenggelam dalam kesesatan dan hal-hal yang negatif.

Sahabat sekalian, sebagai manusia yang beriman kepada Alloh dan kepada hari akhir tentunya setiap apa yang kita ucapkan dan kita lakukan akan dipertanggungjawabkan dihadapan sang Khaliq. Bahkan setiap komen dan postingan kita di dunia maya akan kita pertanggungjawabkan dihadapan Sang Hakim yang Maha Adil.

Semua perbuatan dan perkataan akan dimintai pertanggung jawabannya kelak di akhirat dan komentar adalah sama dengan ucapan, dan setiap ucapan akan dicatat oleh para malaikat pengintai yaitu Raqib dan ‘Atid, yang kemudian akan dimintai pertanggung jawaban di hari kiamat

” (yaitu) ketika dua orang malaikat mencatat amal perbuatannya, seorang duduk di sebelah kanan dan yang lain duduk di sebelah kiri.( Qs.Qaf : 17 )

” Tiada suatu ucapanpun yang diucapkannya melainkan ada di dekatnya malaikat pengawas yang selalu hadir. ( Qs. Qaf:18 )

Kendalikanlah jari kita agar tidak terlalu mudah memposting, berkomentar, copy-paste, dan menshare, dan diam adalah salah satu cara terampuh untuk mengontrolnya.  Karena jari di dunia sosmed bagaikan lisan di dunia nyata.

“Seorang muslim yang baik adalah yang membuat kaum muslimin yang lain selamat dari gangguan lisan dan tangannya. Dan seorang yang benar-benar berhijrah adalah yang meninggalkan segala perkara yang dilarang Allah.” (HR. Bukhari).

Periksa dan cari tahu kebenaran berita yang kita akan kita upload dan share, jangan sampai kita menshare berita yang tidak benar atau bahkan sebuah berita yang mebuat buruk citra seseorang.

“Hai orang-orang yang beriman, jika datang kepadamu orang fasik membawa suatu berita, maka periksalah dengan teliti agar kamu tidak menimpakan suatu musibah kepada suatu kaum tanpa mengetahui keadaannya yang menyebabkan kamu menyesal atas perbuatanmu itu. “(Q.S. Al Hujarat :6)

” Dan janganlah kamu mengikuti apa yang kamu tidak mempunyai pengetahuan tentangnya. Sesungguhnya pendengaran, penglihatan dan hati, semuanya itu akan diminta pertanggungan jawabnya.( Qs.Al Isra : 36 )

Sharelah hal-hal yang baik dan pasti kebenarannya, karena setiap kebaikan yang dilakukan seseorang karena postingan kita maka akan membuahkan pahala di sisi Alloh bagi kita.

Akan tetapi, jika yang kita posting atau share adalah sebuah keburukan dan sebuah kebohongan kemudian diikuti dan diyakini oleh orang lain tentunya kesengsaran bagi kita di dunia dan akirat.

Rasulullah shallallahu’alaihi wassalam bersabda : ” Barangsiapa yang menunjukkan kepada kebaikan maka dia akan mendapatkan pahala seperti pahala orang yang mengerjakannya ” (HR. Muslim).

“ Barangsiapa yang memberi petunjuk pada kejelekan, maka ia akan mendapatkan dosa dari perbuatan jelek tersebut dan juga dosa dari orang yang mengamalkannya setelah itu tanpa mengurangi dosa mereka sedikit pun juga .” ( HR. Muslim )

Oleh karena itu, sahabat sekalian bijaklah dalam memposting dan berkomentar di media sosial agar setiap apa yang kita lakukan bernilai kebaikan di sisi Alloh Subhaanahu wa ta’alaa.

 

Oleh Ustadz. Wira Saputra

Pengajar Tahfidz Qurán

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Membangun Peradaban dan Akhlak di Tengah Pandemi

InfoBogorTimur.COM, Tidak ada yang memprediksi akan terjadi suatu hal yang mengakibatkan perubahan secara drastis yang ...