Donor darah saat Pandemi Covid 19, Komunitas Atap Akar : siapa takut?

 

Proses Pengambilan darah kepada Pendonor

InfoBogorTimur.com – Pada musim Pandemi Covid-19, terjadi penurunan stok darah sekitar 10-20 persen di Palang Merah Indonesia, hal ini karena ketidaseimbangan antara kebutuhan darah dan jumlah donor (pemberi sumbangan), seperti diberitakan Kompas.com . Atas kondisi yang ada, mengetuk hati para pemuda di Komunitas Atap Akar untuk mengadakan kegiatan donor darah sekaligus santunan anak yatim, pada hari Minggu tanggal 23 Agustus 2020, di Kampung Cikadu RT 02/02, Desa Dayeuh, Kecamatan Cileungsi Kabupaten Bogor.

” Kami sebenarnya menginisiasi kegiatan Donor Darah ini, berawal dari saudara dari anggota kami yang mengalami kesulitan darah saat melahirkan juga karena ada pasien thalasemia yang membutuhkan, tapi stok tidak ada, sehingga memberanikan diri untuk melakukan kegiatan donor darah di tengah pandemi ini diselingi juga dengan santunan kepada anak yatim pada 10 Muharram nanti, tentunya dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan”, Ujar Rahmat Ripayandi, Ketua Komunitas Atap Akar.

Proses screening darah dilakukan oleh Tim Palang Merah Indonesia Kabupaten Bogor, dengan diawali oleh mengisi formulir administrasi, mengecek tensi dan darah agar layak untuk dilakukan donor darah, selanjutnya jika sesuai kriteria, pendonor baru diambil darah. Jumlah pendonor yang mendaftarkan diri sebanyak 130 orang, yang lolos donor berjumlah total 60 orang. Karena keterbatasan kantong darah, akhirnya ada yang tidak kebagian stok untuk donor. Karena hanya ada jatah 51 kantong darah.  Mayoritas yang gagal donor karena HB rendah, HB tinggi, serta tekanan darah rendah dan darah tinggi sebanyak 19 orang.

Protokol kesehatan diterapkan pada setiap tahap, dimulai dari mewajibkan pendonor memakai masker, menyediakan tempat cuci tangan dan hand sanitizer serta menjaga jarak aman, agar bisa meminimalisir penyebaran Covid-19, dimana kecamatan Cileungsi statusnya masih zona merah.

” Donor Darah ini nantinya akan dijadikan agenda rutin Atap Akar, karena antusiasme teman-teman dan warga terhadap donor darah ini sangat tinggi. Hal ini karena terbentur waktu dan jarak, karena pekerjaan dan kesibukan yang ada, belum memungkinkan untuk ke kantor PMI di Cibinong. Seperti ala-ala Donor Darah Drive Thru lah, tapi demi kemanusiaan dan sedikit membantu ketersediaan darah agar bisa stabil kembali”, ujar Bapak dua anak ini.

Sore tiba, kegiatan ini berakhir syahdu, langit senja mendukung karena kegiatan yang ada sebagai rangkaian atas rasa syukur guna mengisi kemerdekaan dengan kegiatan positif  serta simpul tawa sebagai penanda optimisme akan masa depan yang gemilang. Bangkit Pemuda Indonesia! Dirgahayu Republik Indonesia ke-75, Indonesia maju. (osibt)

Donor Darah Atap Akar

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Whatsapp Anda disadap? Tak usah bingung, begini prosedurnya

InfoBogorTimur.com –  Sahabat Botimers, aplikasi berbagi pesan milik Facebook yang paling populer di dunia yakni ...