Krisis Guru di Kabupaten Bogor Sungguh Memprihatinkan

Ilustrasi. Gambar: jurnalmojo

InfoBogorTimur.COM, Krisis guru PNS di Kabupaten Bogor sudah seharusnya mendapatkan perhatian serius dari Bupati Bogor, terkait tenaga pengajar yang ada di setiap Sekolah Dasar Negeri (SDN) sungguh memprihatinkan.

M. Faisal Sekretaris PMPL sekaligus pemerhati Lingkungan dan Pendidikan mengatakan “Bayangkan saja satu SDN di wilayah Cileungsi, Gunung Putri, Klapanunggal, Jonggol, Cariu, Tanjungsari dan Sukamakmur guru PNS nya hanya 2-3 orang selebihnya guru honorer sekolah, bagaimana guru akan fokus mengajar jika kesejahteraannya seperti ini, beban kerja guru honorer bahkan lebih berat di banding guru PNS di tiap Sekolah Dasar Negeri tersebut”. Ungkapnya.

“Gubernur Jabar pun seharusnya tidak mengkotak kotakan dunia pendidikan, seperti untuk SD dan SMP kewenangan nya di Kabupaten Kota sedangkan SMA dan SMK kewenangan Provinsi, ini harus dikaji ulang.” Ujarnya.

Perlu diketahui untuk Kabupaten Bogor berdasarkan Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI No. 16/P/2021 Tentang Satuan Biaya Dana Bantuan Operasional Pendidikan Reguler Masing masing Daerah , Kabupaten Bogor terbesar dari daerah daerah lain di Jawa Barat. Dana BOS persiswa pertahun utk SD sebesar Rp. 1.070.000, SMP Rp. 1.300.000, SMA Rp. 1.780.000 , SMK 1.900.000, dan SLB Rp. 4.150.000, dengan dana BOS ini apakah dapat mengobati krisis guru di Kabupaten Bogor.

Bahkan saat mendatangi Koordinator Layanan Satuan Pendidikan (Koryandik) Kecamatan Klapanunggal, Rachmat mengatakan “Memang kondisi Krisis guru di wilayahnya cukup signifikan, apalagi jika ada guru PNS memasuki masa pensiun. Pihaknya akan berkoordinasi dengan Dinas Pendidikan Kabupaten Bogor untuk mengatasi krisis guru ini”Ungkapnya.

“Selain itu banyak para guru honorer sekolah di wilayah Kabupaten Bogor bagian timur yang sudah ikut seleksi bahkan sudah lulus ujian untuk menjadi Pegawai Pemerintah Dengan Perjanjian Kerja (PPPK) 2020 namun SK belum mereka terima, ini juga kendala di para tenaga pengajar”. Tutup M. Faisal.

 

# Pewarta : Untung Darmo

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Siap-siap, Transaksi di 10 Marketplace ini kena Pajak lho!

                INFOBOGORTIMUR.com– Dilansir dari Liputan6.com, Jakarta – Direktorat ...