Langkah Saber ( Sanggar Bersih-bersih Rawa) ala Muda-mudi Klapanunggal ini, patut ditiru!

InfoBogorTimur.com – Presiden pertama Republik Indonesia  Ir Soekarno pernah menyatakan

“Beri aku 1000 orang tua, niscaya akan kucabut semeru dari akarnya. Beri aku 10 pemuda niscaya akan kuguncangkan dunia”.

Pernyataan Sang Proklamator tersebut hingga saat ini masih releven untuk kemajuan Bangsa Indonesia.  Dan ini bisa dijadikan doktrin untuk para pendidik atau guru dalam mengembangkan cita-cita Ki Hajar Dewantoro yakni membumikan pendidikan di se antero Bangsa ini. Dengan azaz menetapkan bahwa pengajaran harus memberi pengetahuan yang berfaedah, dalam arti lahir dan batin. Pun, realita yang diharapkan juga tertanam untuk para pemuda harapan bangsa.

Acara Saber (Sanggar Bersih-bersih Rawa)  dan menananan pohon  Mahoni berlangsung di Situ Rawa Jejed pada hari Minggu 11 Oktober 2020 yang dimotori oleh Sanggar Pemuda Dusun 3 Desa Kembang Kuning Kecamatan Klapanunggal Kabupaten Bogor Jawa Barat.  Sanggar pemuda Dusun 3 adalah suatu organisasi kepemudaan yang bergerak dibidang sosial yang mencakup dua Rukun Warga dan 7 Rukun Tetangga . Penanaman pohon mahoni bukan tanpa dasar, karena daun pohon mahoni mampu menyerap polusi udara dan menghasilkan oksigen yang menyegarkan udara. Polusi yang diserap pun tidak sedikit, mencapai 60% kandungan polusi dapat diserap oleh daunnya ini, sehingga mahoni ditanam di pinggir jalan raya dan juga menjadi tempat berteduh dari cuaca panas. Sanggar ini diketuai oleh kang Desta.

Aksi Saber ini bermula dari panggilan jiwa melihat sampah berserakan di tepian rawa ( situ) yang mengganggu estetika dan pemandangan kruang sedap . Dari sana awal mula program ini tercetus serta menjadi kegiatan rutin SABER, yang berfokus terhadap sampah dan limbah lainya, yang bisa mencemari lingkungan situ Rawa Jejed. Karena dibiarkan berlarut larut akan terjadi  sumbatan sampah yang dapat mengakibatkan banjir disaat musim penghujan serta pencemaran akan kualitas air, yang akan menjadikan kualitasnya memburuk. Didasari atas realitas tersebut, Sanggar pemuda dusun 3 dan perangkat Desa kembang kuning ,RT,RW,Dusun, SATGAS Lingkungan Hidup Kecamatan Klapanunggal, Kampung Ramah Lingkungan Tegal Endah, Kampung Ramah Lingkungan Mawar Bodas dan Ormas GIBAS bersinergi lakukan langkah guna memulai langkah sederhana namun bermanfaat untuk lingkungan sekitar.

“Kami lakukan kerja bakti  ini  yg bertujuan untuk memberikan edukasi masyarakat agar peduli terhadap lingkungan sekitar khususnya Situ Rawa Jejed agar tetap terlihat indah seperti sedia kala serta rindang. Harapan kami juga akan kegiatan ini, bisa mengatasi  danau agar tidak tercemar oleh sampah. Hal ini sesuai slogan,  kita jaga alam maka alama juga akan menjaga kita.” ujar kang Desta.

Ia mengatakan, kegiatan tersebut merupakan agenda rutin yang dilakukan setiap bulan dan merupakan salah satu program dari sanggar pemuda Dusun 3. Pihaknya juga mengajak warga sekitar turut serta bergabung dalam kegiatan tersebut, dengan harapan warga akan merasa memiliki sehingga akan timbul kesadaran untuk menjaga kebersihan lingkungan masing-masing.

“Mari kita jaga lingkungan agar tetap bersih dan rapih, dengan membudayakan untuk membuang sampah pada tempatnya. Sehingga Situ Rawa Jejed bisa menjadi bersih,  bahkan juga dapat dimanfaatkan sebagai kolam ikan sehingga menjadi daya tarik ekonomi serta pariwisata  dan menjadi serapan sumur warga yang berada di  sekitar danau”, timpalnya mengakhiri.

Benar-benar menginspirasi bukan sahabat Botimers?

Ayo Pemuda Harapan Pemudi  Bangsa, tunjukkan langkah nyatamu! Karyamu ditunggu calon mertuamu hingga bisa berbuat banyak untuk bangsamu! (IBT-OS)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*