Mulai Tanggal 27 Juli, Warga Jawa Barat Tak Pakai Masker Kena Denda

Ilustrasi Masker. Foto: kompas

InfoBogorTimur.COM, Kebijakan denda tak menggunakan masker telah diberlakukan terhitung mulai tanggal 27 Juli 2020 untuk warga Jawa Barat. Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jabar akan memberlakukan denda bagi masyarakat yang tidak menggunakan masker di tempat umum.

Menurut Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, kebijakan denda masker ini sudah tak bisa ditawar lagi. Namun ia berpesan, makna dari pemberlakuan denda masker ini untuk mendisiplinkan warga agar adaptasi kebiasaan baru menjadi benar-benar kebiasaan warga Jawa Barat.

Adapun besaran denda yang akan dikenakan mencapai Rp 150.000, “Diedukasi sudah, ditegur dengan surat tilang sudah, karena tingkat kedisiplinannya masih rendah, maka kami akan denda Rp 100.000 sampai Rp 150.000,” kata Emil, seperti dalam keterangan tertulisnya.

Kang Emil menegaskan, sanksi tersebut bukan hanya berlaku bagi masyarakat Jabar saja, tapi juga bagi warga luar Jabar yang sedang berwisata di Jabar.

“Siapa yang datang ke tanah Jabar, harus ikut aturan Jabar,” kata Emil.

Sebelumnya banyak beredar informasi edaran dari berbagai sosial media.

Sesuai Instruksi Gubernur Jawa Barat
Hasil Rapat Tim Gugus Tugas Covid 19 Jabar sbb:

1. Akan diadakan PENILANGAN bagi yg tidak bermasker di muka umum TMT besok Hari Senin, 27 Juli s.d 9 Agustus 2020 (14 hr) sebesar Rp.100.000 s.d Rp.150.000

2. Penilangan akan dilakukan Satpol PP, Polisi dan TNI atas nama GUGUS TUGAS.

3. Pengecualian jika:

a. Sedang Pidato

b. Sedang makan/minum
c. Sedang Olga kardio tinggi(Olahraga joging, sepeda yg bertujuan untukperkuat Jantung/Paru-paru).
d. Sedang Sesi foto sesaat.

4.Proses tilang berdenda & berKwitansi akan menggunakan e-tilang Via apps PIKOBAR. Dimana, Dana denda akan masuk ke Kas Daerah sesuai peraturan.

5. Selama 14 ini mari saling mengingatkan dan saling memberi Masker & mari lebih disiplin jika tidak ingin terkena denda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Lama Mengidap Diabetes Pelawak Omas Meninggal Dunia

InfoBogorTimur.COM, kabar duka kembali terjadi di dunia hiburan tanah air, pelawak Omaswati alias Omas meninggal ...