Nyaris Tertipu, Kapolsek Cileungsi Duel dengan Pelaku Pembobol ATM

Kapolsek Cileungsi Kompol Endang Kusnandar. Foto: Metropolitan.id

InfoBogorTimur.COM, Cileungsi – Nyaris tertipu oleh pelaku pembobol ATM, Kapolsek Cileungsi Kompol Endang Kusnandar berhasil menangkap langsung seorang pelaku penipuan modus ganjal ATM. Pelaku apes tertangkap tangan setelah memperdaya korban yang ternyata seorang Kapolsek. Rabu (3/6/2020).

Dikutip dari detik.com. Awal mulanya Kompol Endang berada di ATM SPBU kawasan Narogong, Cileungsi, pagi tadi. Saat itu Endang hanya mengenakan celana dinas berwarna cokelat, sementara atasan baju biasa. Niat Kompol Endang ke ATM tersebut untuk mentransfer uang ke keluarganya. Setelah mengirim uang, kartu ATM-nya tidak keluar.

“Ketelen-lah kartu saya,” katanya.

Pada saat itu pula, pelaku sudah ada di belakangnya seolah-olah sedang mengantre. Pelaku yang memakai masker itu kemudian memberitahunya untuk menekan tombol-tombol pada ATM.

“Dari belakang ada yang kasih tahu ‘pijit ini pijit itu’,” ucapnya.

Endang langsung tersadar ketika pada layar ATM tertulis nomor rekening orang lain. Seketika itu, Endang langsung sadar dirinya hendak ditipu dan langsung menghardik pelaku.

“Akhirnya (sadar) kok ada rekening orang, gitu ya. Ada disuruh saya (di layar ATM) transfer ke rekening orang. Saya ngeh kan saya kena penipuan. ‘Kamu penipu’, kata saya gitu,” jelas Endang.

Pelaku kemudian panik dan melarikan diri. Endang lalu berteriak meminta tolong sopirnya untuk menangkap pelaku.

“Saya teriak, ada anggota di luar, ‘Tolong, Eri, (itu ada) penjahat’ kata saya kan. Dia (pelaku) keluar, mau melakukan perlawanan. Eri mengeluarkan senjata, melakukan tembakan peringatan ke atas. Dia berhenti, langsung menangkapnya, gitu,” kata dia.

Penangkapan pelaku berlangsung seru, dari keterangan Kapolsek, pelaku sempat terlibat duel. “Iya, mau memukul saya. Langsung dia melakukan perlawanan. Dia mau nyerang saya, gitu. Mau serang saya, ya saya tangkis dan sebagainya. Terus dia kabur,” kata Kompol Endang Kusnandar.

Endang berteriak meminta tolong anggotanya yang saat itu bersamanya. Anggota tersebut kemudian mengeluarkan tembakan peringatan untuk menghentikan pelarian pelaku.

“Saya teriak, anggota saya loncat dari mobil. Mau kabur, sudah mau lari, tembak peringatan ke atas. Baru berhenti, saya tangkap,” kata imbuh Endang.

Pelaku yang belakangan diketahui berinisial MP (16), kemungkinan akan dikenakan melanggar pasal berlapis terkait kasus pembobolan data nasabah bank dengan modusĀ skimming di mesin ATM. Terjerat Pasal 362 KUHP, dan atau Pasal 30 juncto Pasal 46 Undang-undang Nomor 19 Tahun 2016 tentang perubahan atas Undang-undang Nomor 11 tahun 2008 tentang ITE, dan atau Pasal 81 Undang-undang Nomor 3 tahun 2011 tentang transfer dana, dan atau Pasal 3, 4, 5 Undang-undang Nomor 8 tahun 2010 tentang TPPU. Pelaku terancam dihukum di atas 5 tahun bui atas perbuatannya.

Disadur sebagian dari : detik.com

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Giat Celengan Sedekah Aksi Sosial Masyarakat Cileungsi

InfoBogorTimur.COM, Celengan sedekah adalah komunitas yang digagas oleh Bapak Asep ketua RT 04/08 Kp. Rawa ...