Sambut Adaptasi Kebiasaan Baru Ojol Kabupaten Bogor Boleh Angkut Penumpang

Ilustrasi Ojek Online Kabupaten Bogor. Foto: Republika.co.id

InfoBogorTimur.COM, Kabar gembira untuk ojek online (ojol) yang telah ditunggu-tunggu untuk wilayah Kabupaten Bogor. Pasalnya Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bogor, Jawa Barat, membolehkan ojek daring atau online (ojol) kembali mengangkut penumpang mulai hari ini, bersamaan dengan diberlakukannya Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) transisi menuju adaptasi kebiasaan baru. Masa Pra-Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB) atau pra new normal di Kabupaten Bogor berlangsung mulai hari ini Jumat (3/7/2020).

Menurut Bupati Bogor Ade Yasin mengatakan “Ojek online dan ojek pangkalan diperbolehkan mengangkut penumpang dengan menerapkan protokol kesehatan secara ketat,” ujarnya.

Menurutnya, transportasi publik berupa kendaraan roda dua sudah kembali diperbolehkan beroperasi setelah dikeluarkan Peraturan Bupati (Perbup) Nomor 40 tahun 2020.

Bagi pengemudi ojek online (ojol) menekankan untuk wajib memberlakukan protokol kesehatan dengan tujuan menekan angka penyebaran Covid-19.

Selain menggunakan masker dan menyediakan hand sanitizer, pengemudi juga diwajibkan memasang penyekat. Sementara itu, untuk kota Bogor sendiri sudah siap diberlakukan Ojol dapat mengangkut penumpang mulai senin tanggal 6/7/2020.

Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Kabupaten Bogor itu menyarankan agar penumpang ojek membawa helm sendiri sebagai antisipasi dini penularan COVID-19. Ia mengatakan saat ini Kabupaten Bogor masih berada di level tiga atau zona kuning penularan COVID-19.

Angka rata-rata penularan (Rt) sudah menurun dari di atas 1, menjadi 0,66, katanya sehingga diperbolehkan melonggarkan sejumlah sektor bisnis pada perpanjangan PSBB tahap enam ini.

Sebelumnya Pemkab Bogor kembali memperpanjang penerapan PSBB selama 14 hari setelah berakhirnya PSBB tahap lima pada 2 Juli 2020.

Selain itu, salah satu pengemudi ojek online (ojol) Akbar mengatakan sangat senang mendengar aplikator ojol bisa dibuka kembali khusus mengangkut penumpang untuk wilayah Kabupaten Bogor.

“Senang dengernya, semoga penghasilan kami semakin membaik ditengah pandemi corona“. Ungkapnya

Harapannya Pra-Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB) ini dapat membangkitkan ekonomi keluarga, tentu perlu kerjasama pihak manapun untuk menerapkan protokol kesehatan. “Pastinya ojol akan patuhi semua protokol kesehatan, tetapi perlu juga penumpang pun sama-sama peduli”. Tutup Akbar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Ilustrasi Vaksin Corona. Foto: tempo.co

Belum Maksimal Vaksin Corona Sudah Banjir Pesanan

InfoBogorTimur.COM, Skenario berakhirnya pandemi corona di seluruh dunia mengharapkan penemuan obat, vaksin dan herd immunity ...