Whatsapp Anda disadap? Tak usah bingung, begini prosedurnya

source : Freepik

InfoBogorTimur.com –  Sahabat Botimers, aplikasi berbagi pesan milik Facebook yang paling populer di dunia yakni WhatsApp sempat jadi perbincangan setelah beberapa pihak mengaku disadap.

Besarnya pengguna WhatsApp memang membuat banyak pelaku kejahatan ingin mengkloning, membajak atau menyadap layanan berbagi pesan terpopuler ini.

Aplikasi untuk menyadap WhatsApp pun banyak. Ada beberapa ciri-ciri akun WhatsApp yang dikloning dan dibajak. Berikut ciri-cirinya:

1. Keluar dari akun WhatsApp dengan sendirinya

WhatsApp tak bisa digunakan di dua ponsel secara bersamaan. Jadi ketika nomor WhatsApp digunakan diperangkat lain akan muncul kode OTP ke nomor ponsel yang terdaftar. Jika pengguna tiba-tiba menerima kode OTP dan keluar dari aplikasi WhatsApp dengan sendirinya ada kemungkinan nomor mereka dikloning oleh orang lain.

2. Pesan telah terbaca

Anda merasa belum membaca pesan tetapi dipesan itu ada dua centang biru tanda sudah tertera, akun WhatsApp kemungkinan telah dikloning. Tanda ini bisa dinonaktifkan di bagian pengaturan. Jika tanda ini tak diaktifkan, maka pengguna tak bisa melihat apakah pesan sudah terbaca atau belum.

3. Mengirim pesan yang tidak dikirim pengguna

4. Online padahal non-aktif

Jika akun pengguna tampak online di aplikasi WhatsApp orang lain, tapi kita tidak sedang membuka aplikasi WhatsApp di ponsel ataupun WhatsApp web.

5. Log perangkat yang tidak dikenal

Ini bisa Anda temui di WhatsApp web. Jika menemukan ada perangkat tak dikenal, tutup segeralah tuutp akses perangkat tersebut. Caranya:

Android:

* Pada tab Chat, ketuk menu pada titik tiga di kanan atas.
* Pilih WhatsApp Web
* Cek perangkat yang terhubung, jika ada perangkat tidak dikenal, pilih keluar (log out) dari perangkat atau pilih keluar dari semua perangkat.

iOS:
* Pilh Seting atau Pengaturan di kanan bawah
* Pilih WhatsApp Web/ Desktop
* Cek perangkat yang terhubung, jika ada perangkat tak dikenal geser kanan dan pilih log out atau pilih keluar dari seluruh perangkat.

 

source: CNBC

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Donor darah saat Pandemi Covid 19, Komunitas Atap Akar : siapa takut?

  InfoBogorTimur.com – Pada musim Pandemi Covid-19, terjadi penurunan stok darah sekitar 10-20 persen di ...